Wednesday, February 13, 2008

Tips & Trik Motret Makro dengan Pocket Camera + Reversed Lens

Motret Makro menggunakan Pocket camera + Reversed Lens tentu gak semudah memakai lensa khusus macro pada DSLR seperti :
1. Canon EF 100mm f/2,8 Macro
2. Tamron SP AF 90mm f/2.8 Di Macro 1:1
3. dan lain-lain.
Tentu ada cara-caranya saat mengambil angle maupun komposisinya biar hasil yang diperoleh maksimal. Tips N Trik memotretnya akan aku jelasin disini

1. Sebelum mendekati obyek, lihat dulu sekelilingnya, apakah cukup tempat untuk anda nongkrong didekat obyek nantinya, karena menuntut Anda sedekat mungkin dengan obyek kurang lebih 3cm dari lensa.
2. Cari posisi yang kira-kira anglenya bagus dan mendapatkan background yang cukup dekat dengan obyek. karena bila background yang terlalu jauh dengan obyek, secara umum akan mendapatkan hasil background yang gelap. Background yang cukup mendapatkan cahaya dan memiliki jarak tidak lebih dari 5-10cm akan menghasilkan background yang baik, selebihnya biasanya gelap cenderung hitam. Namun terkadang dengan background hitam juga belum tentu jelek. Hanya saja dengan mendapatkan background yang bagus, akan mendapatkan komposisi yang baik juga.
3. Pergunakan flash external atau bisa juga Flash internal yang disalurkan ke depan lensa. supaya mendapatkan detail obyek dengan baik.
Optional : Menggunakan ring light bagus untuk mengisi shadow pada obyek dan membantu saat memfocuskan, karena DOF sangat sempit, jadi bila obyek cukup jelas terlihat akan mudah untuk mendapatkan focus yang tepat sebagai POI (Point of Interest).
4. Waktu yang tepat adalah pagi hari sekitar jam 5-9 pagi. lebih dari itu biasanya serangga udah pada aktif bergerak untuk mencari sarapan.
5. Bila terpaksa motret malam hari karena ingin mendapatkan serangga-serangga yang lagi pada tidur, pergunakan senter atau ring light biar mendapatkan focus yang pas (hati-hati ada ular, ntar digigit malah gak jadi motret makro, jluntrungannya malah ke rumah sakit :P )
6. Aaaaah capek deh nulis.... semoga bermanfaat aja.

Salam makromania

5 comments:

Lia said...

salam kenal bang, saya dari sby juga. nubie pocketeer dan sangat pengen bisa memaksimalkan pocket. makasih sharingnya.

Teddy said...

@Lia : Sama-sama, terimakasih juga telah mampir di blog saya, semoga bermanfaat.

Ucchan said...

wah, ilmu yang sangat bermanfaat.
makasi gan. :)

Teddy said...

@Ucchan : Terimakasih atas atensinya bro, semoga bermanfaat.

harga kamera said...

wah tipsnya mantep nih ,, saya memang sedang memperdalam teknik fotografi, pas banget nih nemu tipsnya.. nice info , sukses terus :D