Posts

Showing posts from January, 2008

Jualan Foto Untuk Dekorasi

Image
Setelah beberapa koleksi foto Makro saya telah terkumpul, dan menyeleksi foto-foto yang menurut saya bagus. Saya putuskan untuk dijual saja, siapa tau ada yang berminat. Bagi yang tertarik untuk menggunakan Foto sebagai sarana "Dekorasi" rumah Anda maupun kantor, dapat mengunjungi situs DGrafis.com. Disana banyak sekali foto-foto hasil karya beberapa fotografer, termasuk karya saya yang telah diseleksi oleh pihak Dgrafis untuk dijual ke public.

DGRAFIS.com adalah galeri online koleksi fine-art foto & grafis untuk dekorasi interior Anda. Foto eksklusif berbingkai dengan berbagai tema ini dapat dibeli langsung di web ini dan akan dikirim ke alamat Anda dalam waktu 3x24 jam. Biaya kirim di Indonesia sudah termasuk dalam harga foto.
Diatas adalah cuplikan tentang dgrafis sesuai yang ditilik dari situsnya. Silahkan mampir untuk melihat-lihat karya beberapa fotografer yang menjual hasil karyanya di DGrafis, siapa tau Anda tertarik untuk membelinya untuk menghiasi dinding ruma…

Wow! Nokia Akuisisi Trolltech!

Memang tidak pernah terlintas bila tiba-tiba hari ini ada berita yang membuat saya sedikit terperangah selain berita "Tutup Usia" mantan presiden RI yang ke-2 H.M. Soeharto dan tentang Akuisisi sebuah perusahaan Mobile Device berkelas dunia yaitu Nokia terhadap Perusahaan Cross Platform Software yaitu Trolltech. Wow!!

Berita tentang akuisisi Nokia terhadap Trolltech dapat di tilik di sini, sedangkan dengan adanya akuisisi ini, tidak mempengaruhi sepak terjang Trolltech terhadap dunia OpenSource, terlebih Linux. Dan mengenai OpenSource Letter adanya kebijakan Akuisisi ini, dapat di tilik juga di sini.

Semoga saja dengan akusisinya Nokia terhadap Trolltech, semakin mengenalkan software-software yang kebanyakan berjalan di platform Linux dengan dibangun oleh QT/C++-nya trolltech menjadi software-software yang fenomenal.

Canon PowerShot A590 IS

Image
Minggu lalu Canon meluncurkan jajaran kamera barunya di awal tahun 2008. Di kelas DSLR, Canon meluncurkan penerus dari Canon 400D, yaitu 450D atau di Jepang dikenal sebagai X2. Ulasan mengenai Canon 450D dapat dibaca artikel Canon EOS 450D / Digital Rebel XSi , Canon EOS 450D / Rebel XSi brief hands-on dan Canon EOS 450D / Rebel XSi: what's changed di situs dpreview.com. Selain meluncurkan DSLR terbaru, Canon juga meluncurkan jajaran kelas pocket camera yaitu Canon PowerShot A470, A580 & A590 IS. Untuk kelas pocket memang terkadang membingungkan bagi khalayak umum, karena pada dasarnya masing-masing memiliki tingkatan yang sangat tipis dengan perbedaan fitur yang tipis juga.
Untuk saya, Canon A590 IS menjadi sorotan utama, karena Canon A590 IS merupakan kelanjutan dari Canon A570 IS. Dan kenapa kok A590 IS? yep, sekarang saya sedang mencoba untuk menekuni hobi fotografi dan dimulai dengan Fotografi Makro menggunakan pocket camera. Sedangkan camera yang saya gunakan adalah Canon…

My Macro Photography Gallery

Image
Ingin menyegarkan mata dengan melihat keindahan dunia "Macro"?, Silahkan mampir dan berkomentar bila berkenan di My Macro Photography Gallery. Photography adalah salah satu hobby yang saya sukai dan coba untuk geluti saat ini, untuk pertama kalinya, saya mencoba menyelami keindahan serangga dan bunga-bunga yang mini namun menyimpan keindahan tiada tara.

Sebenarnya selain Macro Photography, saya juga menyukain IR (InfraRed Photography). Hanya saja untuk kebutuhan IR Photography sementara ini belum dapat terjangkau karena membutuhkan kamera DLSR yang sebisa mungkin untuk di-oprek menjadi IR.

Setidaknya sementara ini, Macro Photography menjadi titik awal untuk belajar Photography.

Plus Minus Fotografi Macro dengan Pocket Camera + Reversed Lens

Ini hanya pendapat saya saja setelah beberapa saat belajar motret Makro menggunakan kamera pocket dan reversed lens. Plus Minus Macro Photography menggunakan Camera Pocket + Reverse lens 50mm adalah sebagai berikut :

[PLUS]
1. Modal murah meriah, cukup reverse lens 50mm bekas
2. Pembesaran lebih dari 20+, lumayan gede dan mak nyus hasilnya.
3. Ringan pas dipegang, tapi klo belum biasa, besoknya pasti dah njarem semua lengan (alias : pegel-pegel)
4. Warna-warna atau tone dari obyek keluar semua dan tajem (Flash ON)
5. Detail dari obyek sangat bagus
6. Langkah awal untuk explore macro fotografi sebelum pegang D-SLR
7. Ada yang mengira hasilnya seperti menggunakan lensa 100mm f/2.8 Macro, :D
8. Karena pakai digital pocket camera, tentu sangat mudah bila menggunakan live view dari LCDnya untuk mendapatkan focus yang pas.

[MINUS]
1. DOF sempit
2. Ngefocusin obyek secara manual, dengan cara maju mundur kaya undur-undur secara perlahan-lahan
3. Getaran pada kamera sangat tinggi, rentan blur. Solusinya, h…

Ke Kebun Binatang + Hunting Macro

Sabtu kemaren saya bersama istri tercinta pergi ke kebun binatang Surabaya untuk sekedar rekreasi melepas kejenuhan. Kayanya ini bisa dijadikan ajang hunting kayanya, meski terlintas dalam pikiranku kalau hunting di kebun binatang untuk Macro pasti agak susah, karena kebanyakan binatangnya yang ada bukan Macro. Tapi tidak apalah, siapa tau sempet untuk men-shot Macro yang cantik.

Alhasil setelah hampir 3 jam menyusuri kebun binatang, berbagai moment telah terabadikan dalam sebuah photo-photo, dan binatang-binatangpun juga gak lupa nampang dihadapan kamera. Hanya saja, dari sekian lama muter-muter kebun binatang, hanya 3 binatang aja yang saya dapatkan sebagai obyek Macro, yaitu : ulet, laler dan sebuah binatang kecil yang aneh.

Canon PS A570 IS menggunakan Reversed Lens (bagian 2)

Image
Setelah tanya-tanya dengan Mas Yoddy dari FN (Fotografer.Net) dan browsing di artikelnya FN, saya memulai mencoba utak-atik settingan di kameranya. Saat pertama pasang lensan reversednya, di layar LCD akan terlihat vignetting, tapi jangan kuatir dengan vignetting tersebut. Berikut adalah langkah setingannya :
1. Zoom kamera hingga di layar LCD tidak terlihat vignetting, tapi bila masih terdapat sedikit vignetting dapat dicrop di komputer. Gambar diatas, pas saat vignetting terlihat lalatnya, pas setelah tombol shutter ditekan, eh lalatnya kabur :(
2. Pilih mode Manual (M) di kamera.
3. Untuk Focusing pake MF (Manual Focus)
4. Pakai setingan ISO yang rendah atau paling mudah pakai saja 100.
5. Bila obyeknya adalah serangga yang agresif akan kecepatan larinya, usahakan memakai shutter speed sekitar 125-200, untuk menghindari getaran tangan. karena menggunakan reversed lens, jarak lensa dengan obyek kurang lebih 2-3 cm. Dapat dibayangkan, getaran tangan akan terasa disini, dan lebih baik lati…

Canon PS A570 IS menggunakan Reversed Lens (bagian 1)

Image
Kali ini saya akan menjelaskan gimana caranya mengakali Camera Pocket Canon PowerShot A570 IS untuk Macro Photography menggunakan Reversed Lens (lensa dibalik). Pada bagian 1 (pertama) ini, hanya dijelaskan singkat mengenai peralatan apa aja yang diperlukan untuk Macro Photography menggunakan kamera Pocket, dengan cara menambahkan lensa 50mm yang posisinya dibalik alias Reversed, atau disebut juga dengan reversed lens.

Peralatan yang dibutuhkan adalah :
1. (Harus punya) Camdig pocket, disini khususnya menggunakan Canon PowerShot A570 IS
2. Conversion Lens Adapter
3. Reversed Ring
4. Lensa SLR Analog 50mm

Langkah-langkah merakitnya mudah saja, yaitu :
1. Pasangkan Conversion Lens Adapter pada Camera, jangan lupa buka dulu tutup ring lensanya di pangkal lensa tersebut, lalu pasang dan jangan sampai kendor, ntar bisa-bisa pas mau motret malah jatuh.
Selain menggunakan Conversion lens adapter, beberapa teman di internet malah ada yang radikal caranya dengan menggunakan pipa paralon malah ada yang…

Photoshop CS2 dengan Wine 0.9.53

Semalem saya coba install Photoshop CS2 ke dalam linux mandriva 2008 yang sebelumnya telah saya install wine 0.9.53 yang dicompile dari source code. Karena sejak versi wine 0.9.48 selalu aja gagal saat installasi photoshop CS2 ini. Sebenernya pada versi wine 0.9.52 telah berhasil menginstall Photoshop CS2 ini, hanya saja tidak bisa melakukan aktivasi product. Entah setelah oprek-oprek internet dan coba install wine versi terbaru, akhirnya installasi berhasil dan aktivasi juga berjalan mulus.

Pada dasarnya aktivasi yang dilakukan pertama kali selalu aja gagal dengan memberikan peringatan bahwa hardisk telah penuh. Padahal hardisk saya masih ada 2Gb, saya kira masih cukuplah untuk aktivasi tersebut. Usut punya usut saya menemukan ini, dan saya coba ikuti sekali lagi dengan cermat. Eh berhasil, sekarang Photosop CS2 dah berjalan di kompi linux tercinta :D

Reversed Lens dengan Lensa Ricoh 50mm F2

Image
Hari ini aku mendatangi penjual barang bekas lensa kamera SLR analog, berniat mencari lensa 50mm untuk reversed lens. Kemaren aku membuat janji untuk membawakan lensa-lensa dagangannya, biar aku bisa melihatnya. Dan aku akhirnya membeli Lensa Ricoh 50mm F2 untuk keperluan macro fotografi dengan memanfaatkan lensa tersebut sebagai Reversed Lens, atau dengan cara membalik lensa untuk mendapatkan pembesaran image yang signifikan.

Sayangnya dia lupa membawakan Ring Filter bekas untuk membuat reversed ring, agar bisa menempelkan lensa diatas dengan Lens Adapter Camera Pocket Canon A570 IS. Tapi gak apa apa, dia bersedia membawakannya di lain waktu saat aku kembali untuk mengambil ring-ring filter tersebut.

Beberapa Jam sebelum KDE 4 di release

Hari ini saatnya KDE 4 akan direlease, beberapa jam sebelum diluncurkan, semua developer KDE tengah membicarakan hal ini di blog-blog mereka dan di planetkde.org. Bagaimana tanggapan public tentang KDE 4 setelah diluncurkan nanti? yang pasti pujian dan hujatan akan datang, dari situlah developer KDE dituntut untuk terus memacu kinerjanya dan performance KDE 4 yang akan datang.

Saatnya Experimen dengan Photo Macro

Minggu ini gimanapun harus semangat untuk mengexplore kemampuan kamera pocket Canon A570IS untuk photo Macro. Tentu gak segampang itu dibayangkan, karena kamera yang digunakan hanya kamera pocket, yang notabene mempunyai keterbatasan untuk shoot object yang kecil (macro photography). Dari yang aku dapatkan dari berbagai situs di internet dan forum beserta diskusi dengan orang-orang yang punya jam tinggi dibidang Macro Photography, maka kuputusin untuk nekat membeli beberapa accessories kamera pocket Canon A570IS. Sebuah Conversion Lens Adapter dengan Type LA-DC52G udah aku pesan, dan siap datang minggu-minggu ini. Lensa SLR analog jadul 50mm telah ditemukan sumbernya, tinggal mutusin aja kapan diambil dan dibeli. Setelah itu saatnya untuk ber-experimen penuh, dan berharap dapat bermanfaat dan menghasilkan karya-karya amatir yang cukup baik. Insya Allah.

Bagaimana hasil dari experimen nanti, sudah pasti akan aku posting di blog ini. Mulai dari perlengkapannya hingga hasilnya. Stay tune …

1 Minggu sebelum KDE 4 di Release

Semalam aku mencoba compile KDE 4 dari SVN tertanggal 2 Januari 2008, dan perkembangan terakhir sebelum 2 hari lagi deadline untuk KDE 4 berakhir, hasil developmentnya memberikan perkembangan yang cukup menggembirakan.

Terjadi perubahan disana sini, dimulai dengan splash screen yang baru dengan dominasi warna gelap, perbaikan performance kecepatan meski hanya sedikit. Style oxygen yang lebih complete meski banyak yang perlu dibenahi. Dialog logout system yang juga baru dan identik dengan splash screennya, icon plasmya di sudut desktop juga baru, dengan transparansi toolbox dan pushbuttonnya.

Kita tunggu minggu depan untuk melihat lebih dekat lagi setelah deadline berakhir. Seperti apakah tampang KDE 4 nanti, mengingat panel dan dialog Krunner masih belum berubah seperti release candidat sebelumnya.

Selamat Tahun Baru 2008

Selamat Tahun Baru 2008 semuanya!!!!!!!! Duaaarr, Duooooor!!

Liburan akhir tahun kemaren, aku bersama istriku pulang ke rumah orang tuaku di Lumajang. selama 3 hari 2 malam aku menghabiskan waktuku sebelum akhir tahun 2007 berakhir.

Saat tahun baru menjelang, aku ada di surabaya, menikmati malam tahun baru di kota tercinta ini. Keliling kota meski tidak sampai tengah malam. namun sempat melihat gemerlap kembang api di jalan saat memacu motor jadulku.

Selamat Tahun baru, semoga semuanya menjadi lebih baik dari tahun kemarin. Amin.