Noise Ninja untuk Noise Reduction Pada Foto

Setelah mengamat-ngamati hasil jepretan foto makro-ku, terlihat hasil fotonya cenderung memiliki Noise yang lumayan tinggi, padahal sudah pakai ISO 100. Dengan noise yang lumayan mengganggu (IMHO), dan akan lebih terlihat saat di adjust level/curve di GIMP atau Photoshop, pasti noisenya akan keluar dan terlebih saat dinaikin brightness/contrast.

Akhirnya saya mencoba gunakan software noise reduction yang katanya sering dipakai oleh photographer, yaitu Noise Ninja. Noise Ninja tersedia juga sebagai plugins photoshop ataupun standalone application. Dari rujukan di situsnya, ternyata Noise ninja Standalone version tersedia untuk OS Linux, yah baguslah kalo begitu. Tapi kemaren malam aku menginstall Noise Ninja pada OS Windows XP Professional. Setelah dicoba untuk membuang noise pada beberapa foto, aku cukup puas dengan hasilnya.

Terpikir untuk coba install Noise Ninja pada linux, tentu tidak asal tancap aja. Pakai Wine solusinya. Dan tidak cuman versi standalone yang kucoba install di mesin Linux, juga yang versi plugins untuk Photoshop. Kebetulan seperti yang telah saya tulis sebelumnya di blog ini juga, bahwa mesin Linux-ku sudah bisa terinstall Photoshop CS2. Jadi Noise Ninja aku pasangkan sebagai pluginsnya dalam Photoshop CS2.

Keduanya baik versi standalone maupun plugins, berjalan mulus di Linux, performance-nya sama dengan yang didapat di Windows XP. Kalo begini udah pas kayanya senjata yang aku pilih. Tinggal melanjukan jeprat jepret foto model yang susah diatur gayanya, dan suka lari setelah sekali jepret itu.

Comments

Unknown said…
Assalamualaikum mas, salam kenal...artikelnya bagus, bisa jadi pencerahan dan tambahan ilmu buat saya...kalo boleh tau noise ninja biasa di donlot gratis ga yah dengan serilanya?
Teddy Widhi said…
Walaikum Salam Wr. Wb mas Bimmy,

Terimakasih atas atensinya dan telah mampir di blog saya.

Noise Ninja termasuk program yang tidak gratis, Saya tidak menganjurkan anda untuk memakai program bajakan, meskipun tidak munafik, saya juga pernah memakai program bajakan yg banyak :( (hehehehe ikut memprovokasi utk memajukan bangsa agar tidak jadi bangsa pencuri :D )

Bila anda ingin mencobanya, bisa mencari dengan googling di internet.

Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum.
Unknown said…
Terima kasih, memang harus beli sepertinya. Tapi kalau beli yang original saya masih belum ada budget mas. Mungkin pinjem sama teman bisa dijadikan salah satu solusi. :))

Salam

Popular posts from this blog

Jenis Cat Tembok dan Ragam Jenis Brand

Apa itu Aperture atau Diafragma? (Part 1)

Karakteristik Cahaya menggunakan Flash Snoot