Friday, February 15, 2008

DSLR Favorit Kelas New Entry Bulan February 2008

Di kelas New Entry, DSLR Favoritku jatuh pada Canon EOS 400D dan Nikon D40/x. Aku kecenderungan memilih Nikon D40/x untuk kelas ini, karena dengan harga yang relatif sama untuk bulan ini, mulai dari performace dan lensa kitnya, D40/x menjadi pilihan yang bagus. EOS 400D bagus juga, bila harus memilih ini tentu aku lebih membelinya hanya BO (Body Only), karena dari beberapa forum dan pengalaman orang yang udah memakainya, lens kit dari kamera ini kurang memuaskan. Apabila harus mengganti lensa Kitnya dengan lensa yang lebih baik seperti Tamron SP AF17-50mm F/2.8 XR Di II LD Aspherical (IF), namun harga dari lensa ini lumayan merogoh kocek lebih dari 3 jeti. Jadi kesimpulannya, Nikon D40/x adalah pilihan yang tepat.

Sebenarnya Nikon telah meluncurkan produk terbaru sebagai pengganti D40/x yaitu D60, namun sepertinya akan sia-sia. karena hanya memasukkan fitur yang tidak terlalu penting dan signifikan. sedangkan harganya sudah barang tentu berkisar diatas 7 jeti. Lain halnya dengan Canon, meski juga meluncurkan produk terbarunya EOS 450D, produk ini menurut saya jauh lebih baik ketimbang D60. Fiturnya yang menjanjikan seperti Live View dan lainnya, membuat 450D menjadi pilihan yang tepat.

Maka dari itu, dengan harga tidak lebih dari 6 juta, Nikon D40/x-lah pilihanku. Ketimbang merogoh kocek lebih dalam hingga 8 juta untuk kamera entry level terbaru keluaran mereka, lebih baik untuk lensa atau membeli aksesoris lainnya.

NOTE : Ini cuman kamera DSLR favorit pilihan saya, dan hanya ada saat memejamkan mata. karena kedua-duanya juga belum pernah punya. belum mampu beli.

3 comments:

kireinayuri said...

Papi sabar yach...Insya'Allah keinginan papi untuk punya DSLR bisa terpenuhi...semoga rejeki kita dilapangkan oleh ALLAH SWT...Amien

herry said...

terharu.... koemn ini persis sama dengan komen anakku.... semoga bapaknya bisa cepat dapat dslr dan diberkahi Allah. Amin.

Teddy said...

Amin, Terimakasih mas Herry.