Canon PS A570 IS menggunakan Reversed Lens (bagian 1)

Kali ini saya akan menjelaskan gimana caranya mengakali Camera Pocket Canon PowerShot A570 IS untuk Macro Photography menggunakan Reversed Lens (lensa dibalik). Pada bagian 1 (pertama) ini, hanya dijelaskan singkat mengenai peralatan apa aja yang diperlukan untuk Macro Photography menggunakan kamera Pocket, dengan cara menambahkan lensa 50mm yang posisinya dibalik alias Reversed, atau disebut juga dengan reversed lens.

Peralatan yang dibutuhkan adalah :
1. (Harus punya) Camdig pocket, disini khususnya menggunakan Canon PowerShot A570 IS
2. Conversion Lens Adapter
3. Reversed Ring
4. Lensa SLR Analog 50mm

Langkah-langkah merakitnya mudah saja, yaitu :
1. Pasangkan Conversion Lens Adapter pada Camera, jangan lupa buka dulu tutup ring lensanya di pangkal lensa tersebut, lalu pasang dan jangan sampai kendor, ntar bisa-bisa pas mau motret malah jatuh.
Selain menggunakan Conversion lens adapter, beberapa teman di internet malah ada yang radikal caranya dengan menggunakan pipa paralon malah ada yang kertas tebal di gulung.
2. Pasang reversed ring pada lens adapter. Reversed ring dapat diperoleh di toko-toko kamera digital, kemaren saya lihat di Sentra Digital Surabaya juga menjual berbagai ukuran reversed ring ini. Cara lainnya adalah mengakalinya dengan menggunakan ring filter yang telah dibuang kaca filternya. jadi begini, kebetulan lens adapter saya berukuran diameter 52mm, jadi saya harus mencari ring filter bekas berukuran 52mm pula, sedangkan lensa reversednya pake Minolta 50mm f1.4 dengan diameter 55mm, jadi ring filter yang kedua juga harus berukuran 55mm. Dari kedua ring filter tersebut, rekatkan menjadi satu dengan lem yang cukup kuat, biar gak rompal pas dipasang lensa 50mm nanti.
3. Nah yang terakhir barulah dipasang lensa saya yang Minolta 50mm f1.4 dengan posisi dibalik (pantat lensa berada di luar atau yang dekat dengan obyek)
Selesai sudah merakit kamera untuk keperluan macro photography, sedangkan bagaimana cara setting cameranya, akan saya jelaskan pada bagian yang ke-2.

Comments

Anonymous said…
Ilmu yang sangat berharga, mantab dah. salam
Anonymous said…
thanks atas ilmunya mas teddy,

untuk pemula sperti saya benar-benar bermanfaat, benar2 ONESTOP MACROPHOTOGRAPHY ..

salam,

cahyo
Anonymous said…
mas kamera sm lens nya dijual gak ?
beli lens dmna boss ?
Teddy Widhi said…
@ Mas Dhani : Wah kamera saya gak dijual mas, lensanya kemaren untuk reversed lens punya 2 biji, tapi yang satu udah saya jual malahan 2bulan lalu. tinggal satu, tapi sayang kalo dijual, ntar saya motret makronya pake apa coba :D
Saya beli lensa di pasar loak surabaya mas :D ato mampir aja di http://bursa.fotografer.net
Unknown said…
makasih mas..
ini yg saya cari..
dr dulu pengen moto makro bgini, tp dah takut duluan, takut biaya beli kameranya mahal..
kmrn baru beli canon PS A590IS buat ngikutin jejak mas teddy..:D
tinggal beli alat2 sisanya deh..

btw harga lens bekas gitu brp ya?mas punya stok lebih?:D

thx
Teddy Widhi said…
Terimakasih sudah mampir blog saya mas, semoga bermanfaat.

harga lensa 50mm yang dari jaman bahula cuman 200rb kurang lebihnya. kalo pake yang jaman sekarang ya sekitar 700rb-800rb mas.
Unknown said…
bedanya yg jaman baheula sama jaman skrg apa ya?dr segi fungsi sama aja kan?
klo di bandung nyari dmn ya?
thx
Teddy Widhi said…
gak ada bedanya kok mas kalo dari fungsinya, cuman beda harganya saja :D

waduh, kalo di bandung saya gak tau ya... coba deh kontak sodara yoddi saputra, dia orang bandung yang gemar makro juga.
Unknown said…
makasih banyak mas..
btw ngontak mas (kang) yoddi dmn ya?
Anonymous said…
Om teddy, saya ko susah bgt ya cari conversion lens adapter LADC52G (buat A590IS) dijakarta, trs belinya diomana ya om?!?
Teddy Widhi said…
Mas Andri, Saya cari conversion lens adapternya di octagon jakarta juga kok.
Anonymous said…
iya om, udah ketemu. Sbnrnya saya mo beli itu cuma mo ngakalin supaya bisa pake filter2 :), makasih om teddy.
Anonymous said…
Ternyata bukan rejeki sama nih om teddy, stok kosong :(:((..
Lapak-Kaki5 said…
Akhirnya nemu blognya Mas Teddy, infonya berguna sekali nich.., kalau pake conversion Lens Adapter Canon LA-DC58F bisa tidak ..?
Teddy Widhi said…
Terimakasih atas atensinya, wah terus terang saya tidak pernah mencoba menggunakan LA-DC58F, namun begini saja, apabila dipasangkan dengan kamera tsb bisa masuk, berarti gak masalah.
amelia said…
mas beli ini dimana ya?
converternya??
Teddy Widhi said…
@mbak Amelia : beli lens converternya di www.oktagon.co.id, jangan lupa sebelum membeli, baca buku manual kamera anda, type converter apa yang disarankan oleh kamera anda.
Hallo Mas Teddy...salam kenal yah..nama saya Fajar

saya baru aja beli Camera PSA 590 is...kebetulan saya suka sekali motret...hobby saya jalan2 ke pantai..jd klo saya motret foto2 landscape...*yg Mas Teddy lakukan sebelum motret makro*

saya mau tanya kira2 ada Accesories pendukung gak mas untuk foto2 landscape seperti Tele Lens ato Filter yg oke...biasanya saya motret biasa trus saya touch di PS...

boleh liat foto2 Gallery saya pake kamera pocket di www.flickr.com/photos/thejapra


sebelumnya makasih banyak untuk jawabannya...
Unknown said…
Salam Kenal untuk Mas Teddy, maaf saya masih pemula dan ingin blajar fotot makro, saya sdh pnya Canon PS S3iS dengan Lens Adapter/Hood Set (LAH-DC20, pingin coba teknik reversed lens. mohon sarannhya untuk komponenpenunjang lainnya kira2 masih butuh apalgi,.. trimakasih sebelumnya,.
Teddy Widhi said…
@Fadjar Tri Wahyudi : Untuk Foto landscape, salah satu filter yang musti dipunya adalah Filter CPL (Circular Polarizing Filter) kemudian bisa juga menambahkan filter ND (Neutral Density) untuk bermain low speed.

@Maurice : bila anda telah mempunyai conversion tube, maka yang perlu anda lakukan adalah mencari/membeli reversed lens (lensa 50mm bekas) beserta reversed ring, untuk menyambungkan antara lensa yang telah dibalik ke conversion tube.
Anonymous said…
mas, saya bosen tanya2 n dikasih saran :
kamera aku A640 + Lens Adapter LA-DC58F (52mm) , kira2 Lensanya yang cocok apa ya mas, n masih butuh ring gak mas ... bisa kaih saran mas

terima kasih sebelumnya mas
Teddy Widhi said…
@anonymous : sebenarnya semua lensa fix 50mm cocok, krn seperti yang telah saya jelaskan, yg penting adalah lensa fix 50mm.

FYI kalo gak salah Lens Adapter LA-DC58F memiliki ring 58mm, bukan 52mm (seingat saya, CMIIW).

Tetap butuh ring untuk menjembatani antara lens adapter anda dengan lensa fix 50mm.

sebagai contoh, Misal: lens adapter, ringnya 58. lensa fix mempunyai ring 52. maka anda perlu ring adapter yang 58 to 52.

semoga bermanfaat
Unknown said…
Mas Teddy...saya cari lens adapter untuk PSA 590is susah sekali, mungkin mas disini ada yang bisa bantu saya...

Popular posts from this blog

Jenis Cat Tembok dan Ragam Jenis Brand

Apa itu Aperture atau Diafragma? (Part 1)

Karakteristik Cahaya menggunakan Flash Snoot