Thursday, January 17, 2008

Canon PS A570 IS menggunakan Reversed Lens (bagian 2)

Setelah tanya-tanya dengan Mas Yoddy dari FN (Fotografer.Net) dan browsing di artikelnya FN, saya memulai mencoba utak-atik settingan di kameranya. Saat pertama pasang lensan reversednya, di layar LCD akan terlihat vignetting, tapi jangan kuatir dengan vignetting tersebut. Berikut adalah langkah setingannya :
1. Zoom kamera hingga di layar LCD tidak terlihat vignetting, tapi bila masih terdapat sedikit vignetting dapat dicrop di komputer. Gambar diatas, pas saat vignetting terlihat lalatnya, pas setelah tombol shutter ditekan, eh lalatnya kabur :(
2. Pilih mode Manual (M) di kamera.
3. Untuk Focusing pake MF (Manual Focus)
4. Pakai setingan ISO yang rendah atau paling mudah pakai saja 100.
5. Bila obyeknya adalah serangga yang agresif akan kecepatan larinya, usahakan memakai shutter speed sekitar 125-200, untuk menghindari getaran tangan. karena menggunakan reversed lens, jarak lensa dengan obyek kurang lebih 2-3 cm. Dapat dibayangkan, getaran tangan akan terasa disini, dan lebih baik latihan tahan nafas saat mau mencet tombol shutter.
6. Pakai bukaan diafragma sekitar f/7 hingga f/8
7. Pada reversed Lens, atur diafragmanya pada bukaan terbesarnya misalnya f/1.4 atau f/2 atau f/1.8. lalu pada jarak focusnya pilih ke infinity.
8. Usahakan memotret sekali saja langsung dapat bagus, karena saya pribadi gak bertanggung jawab bila setelah tombol shutter ditekan, serangga pada lari ngibrit entah kemana.

Ok selamat mencoba, karena saya masih belajar juga, jadi perlu banyak sekali mencoba-coba settingan kamera.

Selamat ber-Makro ria.

4 comments:

Rolandhashim said...

huhu.. lucu sekali nya.. harus serangga itu pantas terperanjat lalu melarikan diri..

Apapun, karya km itu kreatif ya..makanya harus km terus gigih lagi..

Moga bisa ketemu sm Bpk bila ak ke sana nanti...

Teddy said...

Terimakasih, iya semoga saja bisa ketemu di lain waktu.

I Wayan Wiradana said...

kalo pake Nikon D40 bisa ga mas??? gimana caranya.... soalnya kemarin aku nyoba jarak 20 cm ja udah ga kelihatan (blur semua) aku mudur dikit baru kelihatan lalatnya... Hmmm gimana ya cara nyampein... masih newbie mass hehehehe

Teddy said...

@ I Wayan W : Kalau pake D40 bisa menggunakan 2 cara, dengan memakai lensa KIT (18-55) atau apapun lensa, lalu di stack atau di sambung dengan lensa 50mm yang dibalik di depan lensa anda tsb. Cara kedua dengan langsung membalik lensa 50mm di body kamera, tinggal cari reversed bayonet yang telah dijual di bursa FN.