Saturday, November 17, 2007

Memakai KDE 4?


Detik-detik peluncuran KDE 4 memang sudah dekat, bulan December nanti KDE 4 akan direlease. Saat ini proses development masih terus dikerjakan, karena sudah dekatnya deadline release bulan depan. Dua bulan terakhir aku nimbrung dalam IRC untuk melihat perkembangan para developer KDE untuk mendevelop KDE 4, dan juga mengikuti berita-berita dari blog dan berita di internet lainnya.

KDE 4 memang masih tahap beta, dan minggu depan akan memasuki fase RC (Release Cnadidat), melihat perkembangan terakhir kayanya hingga saatnya nanti diluncurkan, KDE 4 belum menjadi pilihan tetap untuk dipergunakan sehari-hari di PC, meski fitur yang ditawarkan banyak sekali dan perombakan besar-besaran telah dilakukan.

Tertarik juga untuk mencobanya, hanya sedikit pesimis aja klo KDE 4 akan berjalan mulus setelah awal di release nanti. Menurut para developer, yang akan menjadi titik kestabilan dari KDE akan jatuh pada versi 4.1, dan mungkin akan terjadi 6-7 bulan mendatang. berharap KDE 4.0 sudah sangat stabil untuk dipakai, tapi sepertinya belum bisa menjamin penuh untuk itu (semoga aku salah).

Kayanya ada greget untuk experiment install KDE 4 beta, langkah-langkah untuk installasi menggunakan source sepertinya juga ngejelimet. Namun perlu dicoba juga gak papa nih. source code KDELIB dan KDEBASE udah aku ambil dan update tiap hari. QT-COPY juga sudah aku check out ke komputer. Tutorial installasi melalui source yang ada di KDE Techbase juga udah tersimpan di Flashdisk. Tinggal butuh waktu dan kesiapan untuk oprek installasi di komputer rumah.

Ready to install KDE 4 beta??? lets do it....

No comments: