Tuesday, October 2, 2007

Mandriva dan Ubuntu/Kubuntu Linux

Lebih dari 5 tahun aku selalu pakai Mandrake/Mandriva Linux di Kompi rumah maupun kantor, kenapa? ya karena dah kebiasaan aja, meski sebelumnya saat-saat masih kuliah dan belajar linux, sering ganti-ganti distro mulai SuSE, Redhat, Slackware dan Fedora. Dan gak pernah satupun mencoba Debian Base Distro.

Kayanya, akhir bulan ini atau setidaknya selambat-lambatnya akhir tahun ini, tantangan untuk mencoba install Debian Base Distro harus keturutan. Pilihan jatuh pada Ubuntu/Kubuntu 7.10 yang akan release bulan ini, untuk penyesuaian pertama, akan aku install pada PC desktop kantor, sekaligus penyesuaian adaptasi dengan distro yang kini tengah populer ini.

Kompi rumah, bakalan aku upgrade ke Mandriva terbaru, yaitu Mandriva 2008 dari Mandriva Spring 2007.1. Kayanya Mandriva 2008 juga mengalami perombakan cukup banyak, baik deri segi tampilan sampai dengan core systemnya. Sedangkan Ubuntu/Kubuntu juga begitu, mengusung aplikasi-aplikasi terbaru, sekaligus menjadikan Compiz Fusion secara default active.

Dah gak sabar menunggu release terbaru dari distro-distro hebat ini. Ato nunggu sampai setelah mudik lebaran kali ya??....@@!#$@@#$@@#

No comments: