Sunday, June 7, 2009

Karakteristik Cahaya menggunakan Flash Snoot

Snoot adalah light shaper yang sering dijumpai pada lampu studio, seiring banyaknya penggunaan lighting menggunakan off shoe flash, diperlukan light shaper yang dapat pula dipasang pada Flash External kamera.

Beberapa bulan lalu, saya telah memproduksi sejumlah aksesori light shaper untuk Flash kamera. Yaitu Flash Snoot, Gobo & Strap. Dan contoh penggunaan snoot dapat dilihat di sini, atau sini.


Snoot sendiri berfungsi untuk mengkonsentrasikan cahaya, atau menyempitkan arah sebaran cahaya flash agar lebih terarah atau fokus. Pada pemotretan, Flash Snoot biasanya digunakan sebagai hair light, rim light, background light atau bisa digunakan untuk memberikan efek-efek tertentu.

Flash eksternal kamera secara umum memiliki fitur terpenting yaitu flash zoom, dan pengaturan power. Penggunaan Flash Snoot pada flash yang memiliki fitur flash zoom, bila flash zoom pada posisi paling wide akan menghasilkan edge atau garis tepi cahaya yang keras atau tajam. sebaliknya pada posisi zoom tertinggi akan menghasilkan garis tepi yang memiliki gradasi atau fallof dari sisi terang ke gelap.

Pada dasarnya saat menggunakan zoom tertinggi fallof terlihat lebih lebar karena ada beberapa faktor. diantaranya:
1. Pada zoom tertinggi, GN flash lebih meningkat ketimbang pada posisi wide. sehingga pusat lingkaran cahaya tampak lebih terang, dan berangsur-angsur akan gelap hingga tepi.
2. Penggunaan lapisan bagian dalam snoot berwarna hitam atau putih, mengakibatkan fallof terlihat tipis.
3. Menggunakan warna Grey atau abu-abu dengan tujuan mengangkat cahaya pada area gradasi menjadi semakin halus.

Flash Snoot menggunakan sisi dalam berwarna abu-abu untuk meningkatkan fallof dari efek penggunakan zoom tertinggi sehingga fallof lebih lebar dan halus. Berikut adalah karakteristik cahaya Flash Snoot yang saya produksi dengan variasi flash zoom yang berbeda.


Saat penerapan dilapangan efek fallof masing-masing zoom pada flash dapat dijadikan suatu efek-efek tertentu sesuai dengan konsep yang diharapkan.

Untuk mendapatkan Flash Snoot ini, dapat langsung kontak saya atau meluncur ke sini dan atau sini.

No comments: