Sunday, January 18, 2009

Menggunakan Snoot & Gobo

Sudah banyak yang upload Foto dengan teknik strobist yang menggunakan snoot, baik snoot yang murah meriah terbuat dari kertas atau alumunium foil sekalipun atau Snoot yang dibuat lebih baik. tapi intinya fungsinya tetap saja adalah sebagai snoot. Karena berbagai pertanyaan banyak yang meminta contoh beberapa penggunaan snoot & Gobo terkait posting saya mengenai Lapak Snoot, Strap & Gobo.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa snoot untuk mengkonsentrasikan cahaya, sedangkan Gobo untuk blocking sumber cahaya agar tidak langsung mengenai lensa yang dapat mengakibatkan Flare.

Berikut adalah contoh foto yang di foto menggunakan 2 Flash, baik menggunakan Snoot maupun menggunakan Gobo.


Pada barisan foto diatas, pada Foto pertama hanya menggunakan 1 Flash + Snoot Ver. 1.0, cahaya hanya terkonsentrasi pada daerah wajah saja, karena menggunakan Snoot dengan jarak kurang lebih 1.5M sebelah kiri kamera. Pada Foto kedua, menambahkan kicker atau rimlight pada sebelah kanan kamera dan dibelakang model (korban jadi model adalah istri sendiri, hehehehe ). Rimlight menggunakan power 1 stop lebih rendah ketimbang Main light (flash + Snoot). Namun perlu dicermati di foto ke dua, bahwa sinar flash menghasilkan flare, ini disebabkan karena cahaya langsung mengenai lensa. Ok yang ke tiga, foto menggunakan skema yang sama, hanya saja menambahkan Gobo. Dan flare sudah tidak tampak lagi.

Berikut adalah peletakan Flash saat pemotretan.


Ok sekian dulu, semoga dapat memberikan gambaran mengenai penggunaan snoot dan Gobo.

UPDATE :
Gear : Nikon D80
Lensa : AF 50mm/1.8D
Flash : sb28 & sb26
Flash Accessories : Snoot Ver 1.0 & Gobo Ver 1.0

Foto Ke dua tetap menggunakan lensa 50mm, 2 kali shot kiri dan kanan, terus di stitch.

1 comment:

blackskin said...

Mas saya Reza atau Augene, teman2 saya biasa manggil Augene.
Saya yang kmren ngantar mas Toni ke rumah mas Teddy.

Saya udah liat foto2 di galeri mas Teddy, semuanya keren2..pokoke mak nyus lah!

Saya punya komunitas namanya "Ocean Tripper", itu adalah komunitas travelling sambil belajar tapi ini terkait bidang kelautan.

Nah, dalam waktu dekat kita punya agenda mengunjungi daerah pesisir di Suramadu dan Kenjeran. Mungkin mas Teddy mau ikut (hunting aja) dengan kita sembari motret landscape sambil sharing-sharing. Anggotanya masih mahasiswa kok, tapi ada juga yang sudah alumni...