Monday, January 12, 2009

Hunting Landscape Semenanjung PAPUMA Bersama KOPDAR

Sabtu kemaren tgl 10 Januari 2009, KOPDAR (Komunitas Photographer Darjo) mengadakan hunting gratis ke semenanjung PAPUMA (Pasir Putih Malikan) jember jawa timur. Ini adalah hunting gratis yang pertama setelah KOPDAR terbentuk 10 hari sebelumnya. Antusias member KOPDAR sangat berapi-api terhadap event ini, apalagi kalo bukan karena gratis tis :D.

Saat diposting pertama kali di Fotografer.net untuk mengisi jatah tempat duduk yang masih tersisa, dan diperuntukkan bagi anggota FN Darjo. Setelah quota memenuhi, dan keputusan sudah diketok 3x, maka berangkatlah hari sabtu pagi jam 06:20 start dari Stasiun Sidoarjo.

Aku berangkat dari rumah jam 05:00 menuju rumah Pak Prihartono, sebelumnya memang belum pernah kesana meski rumahnya tetanggaan komplek perumahan. Setelah muter-muter cari alamatnya ternyata belum ketemu juga, perut keburu mules, yaudah dengan keburu pulang dulu untuk bebasin rasa sakit perut :D. setelah itu langsung cabut.... sesaat setelah keluar dari pintu gerbang komplek perumahan, terlihat pak pri bersama Dhanni dan Anton mengendarai Motor menuju sidoarjo, langsung aku tancap gas untuk menghampirinya, untuk gak kitanggalan nih.

Sampai Stasiun sidoarjo, ada beberapa rekan fotografer yang sudah datang, kita saling bersalaman memperkenalkan diri. Satu-persatu pada datang, semua peserta sudah mulai menunggu kedatangan bus yang akan membawa kita ke PAPUMA. akhirnya jam 6:30 pagi, diiringi dengan doa yang dipimpin oleh Pak Sujai, berangkatlah menuju tempat hunting, yaitu Semenanjung papuma.

Setelah 40 menit perjalanan, bus berhenti di kota bangil tepatnya di depan masjid agung bangil untuk sarapan gratis di Warung nasi punel. Baru kali ini makan nasi punel, pancen enak tenan jheeh..! Kenyang.. dan setelah itu berangkat lagi menuju lokasi.

Setelah lebih dari 5 jam perjalanan, sampai sudah di Semenanjung Papuma. Peserta langsung dikomando Cak Jai ke atas di Gazebo, untuk kumpul dan foto keluarga, juga untuk briefing. Untuk menuju Gazebo cukup melelahkan, karena harus menempuh puluhan anak tangga. ngos-ngos-an juga deh. sesampai diatas selang beberapa waktu, foto keluarga dimulai, briefing dikumandangkan dan saatnya berpencar untuk mencari tempat yang bagus untuk di foto disekitar lokasi.

Tema utama hunting ini adalah motret Sunset, kebetulan cuaca lumayan cerah berawan, meski langit gak bagus-bagus amit, tapi sangat mendukung suasana hunting ini, yang penting gak hujan :D. Motret sana-kemari, cari obyek yang kiranya dapat dipotret, akhirnya jam 17:15 para peserta langsung cari spot untuk menunggu saatnya sunset tiba. matahari sudah mendekati titik horizon, dan setingan kamera masing-masing telah dipasang sesuai keinginan. clik..clik...clik...clik... rentetan shutter ditekan saling mengabadikan suasana sunset di papuma. hingga matahari terbenam menyisakan awan mega yang merah merona, masih saja terus mengabadikan langit petang itu.

Setelah selesai, semua rombongan menuju bus, dan siap untuk pulang ke Sidoarjo. Di tengah perjalanan, mampir sejenak untuk makan malam di Warung Bebas daerah Rambipuji jember, uenak tenan wis... top. Akhirnya sampai sidoarjo kurang lebih jam 00:30-an. Badan mulai terasa capek semua setelah seharian hunting sana-sini. Sesampai dirumah langsung bersih-bersih badan sebentar dan langsung pergi tidur.
Hasil motret di semenanjung papuma, dengan gear seadanya, hanya berbekal lensa AF 50mm/1.8D, tak menyurutkan niatku untuk belajar motret landscape. Meski filter-filter tidak punya, lensa wide juga tidak punya, dengan memuter otak, akhirnya menggunakan teknik stitch untuk mendapatkan view yang selebar-lebarnya, dengan cara setiap obyek yang akan diabadikan, dipotret 3 s/d 10 kali jepretan sehingga membentuk deretan foto yang disambung menjadi satu.

No comments: