Thursday, January 8, 2009

Light Shaping Tool untuk Flash

Teknik pencahayaan pada photography adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan suatu karya fotografi yang mempunyai nilai plus. Untuk mendapatkan efek lighting, lampu studio/strobe maupun Flash dari ukuran yang sedang hingga kecil adalah suatu peralatan yang bisa dikatakan mutlak, meski pada dasarnya meski tanpa flash sekalipun, di siang hari, kita mempunyai "main light" yang sangat kuat powernya dan bersifat hars atau keras cahayanya, yaitu "Lampunya" Tuhan alias Matahari.

Karakteristik cahaya ada bersifat keras dan ada pula yang soft, besar kecilnya (bukan powernya) sumber cahaya juga mempengaruhi efek yang mengenai suatu benda.

Untuk mendapatkan efek pencahayaan tertentu, lampu studio/strobe dapat dilengkapi beberapa Light Shaping Tool, seperti Softbox, Octabox, beautydisc, Umbrella/payung,Honeycomb/Grid dll. Kebanyakan fotografer telah mengenal beberapa peralatan tersebut yang biasa dipakai pada lampu studio. Bagaimana dengan Flash anda? jawabnya sama saja, dan itu bisa. Hanya saja membutuhkan beberapa tambahan aksesori untuk dapat mengkaitkan peralatan tersebut, dan ada juga yang mencoba untuk memodifikasinya.

Beberapa contoh Light Shaping Tool yang mudah digunakan pada flash yaitu (khususnya yang saya miliki) :

Flash Snoot

Flash Gobo

Flash+Umbrella
[Gambar belum saya resize :D ]

Flash Grid/Honeycomb
[Masih dalam progres pembuatan honeycomb] :P

Yang penting bagaimana menggunakan Light Shaping Tool ini dengan baik dan benar :D supaya mendapatkan hasil foto yang maksimal, semoga bermanfaat.

*** UPDATE : Bagi yang berminat mempunyai Flash Snoot, Gobo dan Strap, dapat PM ke saya langsung.

No comments: