Saturday, May 23, 2009

Workaholic Photo Shoot

Sebenarnya hari jumat setelah pulang kantor, diadakan futsal bersama dengan rekan-rekan kantor Suryasoft dimana tempatku bekerja, inginnya motret suasana futsal. Berhubung males, akhirnya ngobrol dikantor dengan salah rekan kantor yang kebetulan beliau juga fotografer Colors Pub & Resto, beliau adalah pak Endramawan a.k.a Ranma.

Ngobrol sana-sini berkisar soal fotografi di ruangan Pak Endra, karena tangan gatel pengen motret, juga karena sudah bawa gear ke kantor, kuputuskan untuk motret pak Endra sajalah.

Terlintas suatu konsep yang sebenarnya juga sudah banyak diulas di situs www.strobist.com, bahkan konsep ini juga biasa dipakai oleh avatarnya si david hobby. Disini tidak bermaksud untuk membuat konsep baru, hanya sedikit improvisasi saja dan bahkan mungkin cenderung sama. Tapi ada yang bertanya bagaimana untuk mendapatkan seperti ini. Dengan cara penulisan bahasa keseharian, aku coba untuk menuliskan semudah-mudahnya, semoga dapat dimengerti :D


Ok ini hasil akhir yang aku dapatkan dari pemotretan itu, sang Workaholic.


Untuk melakukan pemotretan ini, menggunakan 3 Flash/SpeedLight yang diatur seperti diagram diatas. Oh ya, sebagai koreksi berhubung males merubah keterangan pada diagram yang sudah dibuat, pada Flash yang berfungsi sebagai background light, diatas tertulis 1/23 power, yang benar 1/32 power hehehehe maklum angka 3 dan 2 berdampingan jadi suka salah pencet :P.


Memakai lensa Tele AF 70-210, pada posisi Focal Length 70mm dengan bukaan diafragma F5.6, pada gambar pertama, adalah saat menggunakan 1 flash sebagai main light, gambar ke dua menambahkan flash pada sebelah kanan kamera dengan snoot untuk mendapatkan pencahayaan pada laptop, dan terakhir menambahkan flash pada background menggunakan gel Full CTB. pada flash yang menyorot laptop kurang maksimal karena terpaksa diletakkan diatas meja bertumpuk tas, seharusnya lebih tinggi lagi agar bayangan dapat jatuh kebawah dan tidak mengganggu pada subject.

Karena memang awalnya memotret futsal, jadi tidak menggunakan lightstand dsb, terpaksa meja, printer dan tas pun menjadi tempat peletakan flash-flash tersebut. hasil kurang maksimal menurutku, namun semoga harapannya adalah mendapatkan suatu gambaran bagaimana cara pengambilan beserta lighting yang digunakan. cukup sederhana kan?!.

No comments: