Friday, May 29, 2009

Opensource Flash Wireless Trigger

2 bulan lalu, sempat baca-baca suatu hal yang menarik buatku. Terlebih berhubungan dengan hal Opensource, apalagi Opensource-nya bukan hal yang bersifat software full. Tapi ini berhubungan dengan hardware yang biasa digunakan pada Fotografi.

Telisik sana-sini, meski sangat interest, sementara waktu cuman ngikutin aja perkembangannya. Project ini menurutku sangat bagus, dan bermanfaat tentunya. Dimana sekarang lagi "in" memotret dengan style "Strobist" yang tidak lain memotret dengan menggunakan lighting, hanya saja lightingnya memakai flash kamera secara off shoe. Tapi bagaimanapun juga, its all about lighting. Saat bermain lighting dengan flash secara off shoe, bisa dibilang lebih dari 80% fotografer menggunakan peralatan Wireless Triger untuk memicu flash tersebut secara remote.

Banyak sekali pilihan Trigger di pasaran sekitar, mulai dari harga murah meriah bikinan china hingga harga jutaan ripis. mulai dari merk jianisi, platinum, pocket wizard, radiopopper, alienbees dsb. tentunya yang membedakan adalah kualitas dan fitur yang diusungnya.

Terkadang dalam pikiran pengen punya wireless trigger yang mahal, seperti milik Pocket Wizard dan Radiopopper, dengan dukungan high FP yang menurutku sangat penting disaat pemotretan outdor di tengah terik sang surya. terlebih saat ini rata-rata flash synch yang banyak digunakan pada kisaran 1/160-1/500 detik. Tapi apa boleh buat, merk tersebut belum sanggup terbeli.

Dengan adanya Opensource Wireless Trigger ini, tentunya diharapkan kedepannya dapat dikembangkan oleh komunitasnya menjadi suatu peralatan yang bisa sama atau bahkan lebih banyak fitur yang diboyong. Bagi yang interest terutama fotografer yang juga senang utak-atik elektronika, bisa mengunjungi project project dibawah ini.

1. SPOT - http://code.google.com/p/strobist-project-opensource-trigger/
2. STROBIT - http://code.google.com/p/strobit/

Kedua project diatas bersifat opensource, siapa saja dapat membuatnya dan dapat bergabung untuk saling menambahkan fitur-fitur didalamnya.

SPOT
Project ini sangat menarik, terlebih membaca dari fitur-fitur yang diusungnya, support pengaturan power flash secara remote. jadi para fotografer banyak diuntungkan bila saat pemotretan terbatas membawa assisten yang biasanya disuruh untuk manaikkan atau menurunkan setingan power flash. denga adanya fitur ini, cukup disetting pada transmiternya yang akan meremote setting pada flash. Ini mirip dengan fitur CLS pada nikon, semua pengaturan flash power dapat dilakukan pada kamera. hanya saja ini menggunakan Wireless Trigger. sehingga lebih menguntungkan untuk dipakai pada kebanyakan kamera.

Spot sendiri sepertinya merujuk dari project yang lainnya, yaitu STROBIT.

STROBIT.
Project ini mungkin yang paling sederhana ketimbang SPOT, namun project ini lebih aktif ketimbang SPOT. tidak menutup kemungkinan fitur SPOT dapat diusung ke dalam STROBIT. itu harapan saya :D.

Ingin bikin sendiri Wireless Trigger yang punya fitur, grouping flash, controling flash power remotely, cheap, support High Speed Flash synch??? yaudah, langsung aja gabung disitu dan saling memberikan kontribusinya. kalo saya sih cuman punya ide aja hihihihihihi....

No comments: