Monday, December 14, 2009

[Assignment] Marathon Motret Product

Selama seminggu, Tiap malam sepulang kantor, selalu lembur hingga dini hari lantaran motret product dari PT Rexplast Corp, salah salah Perusahaan plastic packaging industries yang membuat berbagai macam kemasan plastik untuk produk-produk seperti milik Unilever, PT Usfi dll. Banyaknya product yang musti di potret, dan karakter product yang berbeda-beda, sehingga membuat sedikit frustasi saat pemotretan. Terlebih, client meminta konsep yang simple sebenarnya, dengan background putih dan refleksi di dasar subject, plus menonjolkan detail dari product yang dibuat oleh PT Rexplast Corp, mulai dari bentuk tube, cap, dll.

Pemotretan dilakukan dengan variasi 2 hingga 3 lighting, menggunakan dasar acrylic putih hingga kertas putih, reflektor dan lightshapping tambahan seperti snoot & gobo.

Salah satu hal yang tersulit adalah memotret subject yang cenderung transparan, dengan konsep background putih bersih, tentu menjadi kendala, karena detail dari subject bisa termakan oleh putihnya background karena backlight. Disini perlu adanya sedikit penjelasan kepada client mengenai karakteristik subject terhadap kondisi pemotretan. Bila dipaksakan misal menggunakan background yang kurang lebih bisa dibilang grey atau abu-abu lalu di edit dan ditempel pada bidang putih, tentu membutuhkan waktu yang sedikit lama, sedangkan client minta foto productnya bisa secepat mungkin selesai.

Tiap hari selalu recharge batere flash hingga kamera, dasar kamera D200 yang boros energy, 2 batere pun musti selalu di charge.

Setiap hari, 4-6 product yang selesai dipotret, langsung segera dikirimkan via email untuk masuk kedalam Preview, yang mungkin perlu direvisi oleh pihak client. Sehingga revisi foto product dan pemotretan product-product yang baru juga saling kejar-kejaran. Belum lagi bila client tetep ngotot untuk tetap menggunakan background putih bersih pada subject sangat transparan yang sangat tipis, detail dijamin hilang, seperti kasus botol Minyak Telon. Dengan meramu lighting dan konsep background, supaya hasilnya tetap menarik, dan detail tentunya dapat, maka didapat konsep gradasi terputus, soal penjelasan terhadap client, musti diusahakan.

Minggu ini adalah penentuan final seluruh foto product yang akan dipilih oleh client, sebelum hasil akhir di burn ke dalam cakram CD.

Berikut beberapa gelintir foto product, tanpa editing dsb, cuman nambahin framing, nempel logo PT Rexplast.

4 comments:

aan said...

keren om, pengen belajar poto produk juga saya. tapi gak punya flash external nya.

Teddy said...

@aan : terimakasih sudah mampir di blog saya mas.

Yudie Blog's said...

wah, jadi ingin belajar foto product nih, keren mas..

Teddy said...

@Yudie Blog : Terimakasih atas atensinya mas Yudie.