Wednesday, August 20, 2008

Site Wajib Para Strobist-Mania

Anda yang suka bermain dengan lighting khususnya menggunakan Flash kecil seperti SB-800, SB-600, SB-80DX, 580EX, 430EX dsb, untuk menghasilkan sebuah karya fotografi yang luar biasa, sudah tepat bila fotografer atau hanya sekedar peng-hoby fotografi seperti ini disebut dengan STROBIST.

Setelah berjalannya waktu untuk serius di dunia seni fotografi, ada beberapa jalur dari fotografi yang aku suka untuk dieksplorasi dengan harapan outputnya dapat dinikmati diantaranya Fotografi Makro dengan kamera Pocket+reversed Lens dan tak ketinggalan butuh Flash untuk lightingnya, Fotografi Still Life dan Fotografi gaya Strobist. Menurutku Style Strobist kurang tepat disebut "Style" tapi hanya menyebutkan dari fotografer tersebut yang melekat dengan karakter atau plakat penggunaan Flash Kecil dalam tiap pengambilan gambarnya.

Tanpa panjang lebar, ada beberapa situs menarik yang patut dikunjungi bagi pecinta strobist, baik yang ingin belajar maupun meningkatkan skil dan wawasannya.

STROBIST

Situs ini tergolong WOW menurutku, karena bisa dibilang detail sekali dalam mengajarkan dan memberikan info mengenai fotografi menggunakan Flash kecil ini. Situs yang cocok buat para newbie dan yang ingin meningkatkan skilnya. Tak lain adalah David Hobby, seorang fotografer profesional yang murah ilmu dan mampu mentransfer ilmu strobistnya dengan sangat baik. Sudah selayaknya bila situs ini adalah bacaan wajib pertama bagi Strobist.

LIGHTING ESSENTIALS : for Photographers
Jujur saja bila situs ini adalah baru bagiku, tapi justru membuat jadi terkagum-kagum oleh fotografer yang membuat situs bertajuk Lighting Essentials. Sementara belum tau siapa nama fotografernya, namun yang jelas ulasan yang disajikan dalam Portable Lighting-nya sungguh sangat apik untuk dibaca. Tentu saja dengan materi Strobist yang diusungnya membuat kita menjadi tau lebih dalam aplikasi strobist di lapangan.

David Tejada

Ini dia sang fotografer profesional yang udah berkecimpung di dunia cahaya lebih dari 20thn. Bermain dengan flash untuk menghasilkan karya komersial yang patut diacungi 2 jompol tangan dan 2 jempol kaki :D. Belia menyajikan karakter Strobistnya didalam blog pribadi yang bertajuk "The F-Stops Here", beberapa tutorial dalam bentuk tulisan dan video juga ditambahkan dalam ulasan perjalanan motretnya. Jadi langsung aja baca-baca isi blog sang David Tejada.


Joe McNally
Fotografer sekaligus penulis buku "The Moment It Clicks" ini, cukup gila dalam bermain strobist. Hal yang biasa bila setiap pemotretan selalu memakai flash kecil beberapa buah. Yang luar biasa dan gila, bila motret 1 model saja bisa pakai 7 buah flash!!! ck...ck...ck... salut dah. Udah lebih dari 30 tahun mondar-mandir di dunia fotografi, dan pengguna setia merk Nikon ini sudah pantas menjadi salah satu suhu para strobist. Langsung aja meluncur ke blog sang Joe McNally.

Dave Black Photography
Fotografer yang satu ini juga salah satu fanatik lighting dengan Flash, hanya saja beliau ini fanatik juga pake flash type SB-800. Bila para strobist biasanya memakai sebuah radio trigger, maka si Dave Black karena memakai Nikon, beliau sering juga menggunakan fitur CLS (Creative Lighting System). Cocok sekali bagi yang punya keterbatasan dana untuk beli radio trigger, CLS adalah salah satu solusinya, dan kesini tempat yang cocok pula untuk dibaca.

DIYphotography.net
Seorang strobist, biasanya memerlukan suatu light modifier untuk flash kecilnya, belum lagi jarang juga yang jual flash light modifier yang komplit, solusinya adalah "bikin sendiri". Situs yang cocok untuk para Strobist yang suka akal-akalan bikin dewe' alias membuat sendiri berbagai aksesoris flash dan para temannya di studio photo.

Sebenarnya masih banyak situs-situs di internet yang layak untuk dikunjungi, berhubung kerjaan di kantor masih se-abrek, jadi sementara ini dulu yang bisa aku tuliskan, semoga bermanfaat.

6 comments:

Erik said...

alow mas teddy,pa kbr nih pak? ni erik E-PRO photo album,sy lg pingin bljr strobist jg nih,thx bt infonya,sy udah beli kamera,canon EOS 350D,flash pake roma BT6,pingin nambah flash ama triger,buat bljr ilmu strobist=)

Teddy said...

Apakabar juga pak Erik, terimakasih sudah mampir di blog saya, dan sepertinya juga perlu mampir di site portfolio saya di teddywidhi.multiply.com. Monggo kalo mau belajar bareng-bareng, nanti bisa sama-sama sharing ilmu.

Erik said...

pak,sy udah liat portfolionya,keren bngt,nda nyangka nih hehe.. itu untuk color edit ada tambahan software ato dr photoshop aja? sy blh tau nda rahasia color effectnya? soalnya sy suka buanget style warnanya,kayak foto2 d luar negri gitu,warnanya soft,nda sakit d mata,tp detail ttp oke=)

Teddy said...

Kalo foto makro, saya tidak sentuh sama sekali dengan software seperti Photoshop, Lightroom dll. saya hanya melakukan setting di kamera untuk color enhancement memakai Vivid+, sehingga saturasi image di push sedemikian rupa. Untuk foto Prewed, karena pake RAW, jadi adjustmentnya pake Lightroom.

Begitu kurang lebihnya.

Luki Hermanto said...

wah link yg bermanfaat mas
salam kenal mas
surabaya mana mas?

Teddy said...

@Luki Hermanto : Terimakasih mas atas atensinya. Salam kenal juga.
Saya di surabaya coret mas, daerah waru.