Monday, May 5, 2008

Install Ulang Windows dan Aplikasinya

Bisa dibilang jarang sekali aku menggunakan windows untuk pekerjaan sehari-hari. Karena pekerjaan menuntut menggunakan Linux, dan Linux juga sudah menjadi teman sehari-hari dalam melakukan perkerjaan berbagai hal, seperti mengetik, spredsheet sampai olah digital foto atau desain. Memang untuk kebutuhan desain dan olah foto, aplikasi yang tersedia sudahlah mencukupi, hanya saja, keanekaragamannya yang kurang IMHO. Komputerku terinstall 2 sistim operasi, Windows dan Linux. 80 Gb hardisk yang ada, 80%-nya aku gunakan untuk Linux, dan sisanya untuk Windows.
Karena akhir-akhir ini, Photography adalah hoby-ku, sekaligus menjadi pekerjaan sampingan, dan membutuhkan DI (digital imaging) yang bisa dibilang menjadi wajib disini. Mau tidak mau, minggu kemaren aku membalik kapasitas hardisku yang 80% kini untuk Windows, dan sisanya Linux.
Mulai dari aplikasi olah gambar seperti Photoshop, Lightroom, ACDsee Photo Manager sampai olah vector Xara, udah aku install semua, dan mengolah foto beserta memanagement semua hasil jepretan kini menjadi lebih mudah.

No comments: